MPLS: LANGKAH PERTAMA PETUALANGAN MENYENANGKAN

Setiap langkah pertama selalu terasa mendebarkan. Ada harapan, ada tanya, dan juga gugup yang tertahan. Begitupula dengan hari pertama sekolah. Layaknya membuka lembar bab baru buku fiksi petualangan yang penuh misteri dan tantangan. Siapa yang akan ditemui? Adegan seru apa yang akan dialami? Dan, tempat seperti apa yang mesti ditelusuri? Langkah pertama Ananda dan orang tua di sekolah baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu dan membuat penasaran.

Di Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin (SIGM), hari pertama bukan sekadar lembar baru di kalender pendidikan—tapi juga awal dari sebuah perjalanan kebersamaan. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bukan momen penuh ketegangan dan formalitas, melainkan sebuah sambutan hangat untuk menyambut anggota keluarga baru. Tidak ada senioritas, tidak ada diskriminasi, tidak ada ketegangan berarti yang kami biarkan menyelimuti atmosfer hari-hari baru di lembar petualangan buah hati—yang ada hanya tangan-tangan terbuka, senyum bersahabat, dan atmosfer kekeluargaan yang tumbuh sejak langkah pertama siswa baru memasuki gerbang sekolah. Karena di sini, setiap anak disambut bukan hanya sebagai murid, tapi sebagai bagian dari keluarga sekolah interaktif.


MPLS Bukan Sekadar Penamaan Kegiatan

Di masa ini kami benar-benar membersamai siswa-siswi baru untuk menyelam ke dalam lautan kegembiraan belajar. Membiarkan mereka mengenal lingkungan sekolah tempat mereka akan belajar dengan menyenangkan bersama guru dan teman-temannya. Dan sebisa mungkin menumbuhkan rasa aman dan nyaman untuk menjadi dirinya sendiri sehingga mereka bisa menikmati momen MPLS dengan seru dan aktif, bebas mengekspresikan kreatifitas, mengeksplorasi diri, dan tentunya bahagia berinteraksi dengan guru dan teman-teman baru untuk menguatkan bonding. Untuk mewujudkan hal tersebut, beragam aktifitas dirancang dengan tema dan tujuan di masing-masing satuan pendidikan.

Di PAUD Cikal Gemilang, MPLS tahun ini dirancang dengan tema ANYAMAN (Aman, Nyaman, Senang) yang mana bertujuan untuk memantik keingintahuan anak dalam suasana sekolah yang dirancang aman, nyaman, dan menyenangkan.


Cikal Gemilang Bereksplorasi di MPLS: ANYAMAN, Aman Nyaman Senang

Sesuai dengan tema dan tujuannya, MPLS di PAUD Cikal Gemilang berpusat pada keamanan dan kenyamanan anak di lingkungan baru, serta memberikan kesempatan bagi seluruh orang tua di hari pertama MPLS untuk terlibat dalam kegiatan di sekolah. Sehingga orang tua melihat dan menilai langsung situasi kegiatan serta penanganan guru. Hal ini sejalan dengan konsep Sekolah Interaktif yang mengharapkan keterlibatan nyata orang tua dalam proses penyelenggaraan pendidikan anak sejak dini. Dengan melihat langsung proses di mana guru membersamai anak mengeksplorasi aspek motorik kasar, halus, sosial emosi, sains, practical life, dan bahasa selama masa MPLS, orang tua tidak hanya menitipkan anak ke sekolah namun juga ikut terlibat dalam prosesnya sebagai pihak yang mengamati penanganan guru di sekolah, dan mitra yang meneruskan/mengadaptasinya dalam penyelenggaraan pendidikan di rumah. Sehingga dalam prosesnya pendidikan yang diberikan di sekolah dan di rumah dapat berjalan dengan selaras. Begitulah momen MPLS di PAUD Cikal Gemilang tidak hanya diselenggarakan untuk anak, namun juga untuk orang tua yang datang bersama anak sebagai keluarga baru kami. Dengan MPLS yang dirancang seperti ini, kami berharap anak merasa aman, nyaman, dan senang di Cikal. Sehingga orang tua merasa aman melepaskan anak untuk bereksplorasi di sekolah. Di sisi lain, rancangan kegiatan ini juga dibuat dalam rangka memantik keingintahuan anak untuk bereksplorasi di berbagai aspek perkembangan, juga membangun semangat orang tua untuk sama-sama membersamai anak di masa tumbuh kembangnya bersama sekolah.

MPLS Ramah di SDIGM: ASIK (Aktif, Seru, Indah, Kreatif) Langkah Baru, Teman Seru!

Adapun di SD Interaktif Gemilang Mutafannin (SDIGM), MPLS dirancang dengan tema ASIK (Aktif, Seru, Indah, dan Kreatif). Dengan tetap meraih tangan orang tua untuk ikut serta terlibat dalam pelaksanaannya, MPLS di SDIGM bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa tentang lingkungan sekolah, membangun hubungan yang positif antar siswa, guru, staf sekolah dan orangtua dengan cara yang menyenangkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja rangkaian kegiatan tidak diselenggarakan dengan aktivitas yang sebatas mengenal/mengenalkan. MPLS di SDIGM berpusat pada keamanan dan kenyamanan di lingkungan sekolah. Anak-anak juga diajak dan dibersamai untuk mengeksplorasi perkembangan sosial dalam berkomunikasi, kerjasama dan saling menghargai. Melalui beragam permainan yang dirancang guru-guru kreatif di SDIGM, anak-anak dapat bergembira mengeksplorasi aspek motorik kasar dan halus mereka sekaligus berlatih percaya diri untuk menjadi pemimpin. Dengan diadakannya kegiatan MPLS ini SDIGM berharap nilai-nilai Cageur (mandiri, aktif, ceria dan berani mencoba), Bageur (percaya diri, berbagi dan empati), juga Bener (bersyukur dan  jujur) dapat tumbuh dalam diri setiap peserta didik baru, dan terasah dalam diri kakak-kakak kelas yang membersamainya.

Peserta Didik AKUR (Aktif, Kompak, Unggul dan Responsif) di TKMT SMPIGM

Lain lagi dengan SMP Interaktif Gemilang Mutafannin (SMPIGM), yang menamai kegiatan MPLS dengan TKMT (Tak Kenal, Maka Ta’aruf). Tahun ini, TKMT dirancang dengan tema AKUR (Aktif, Kompak, Unggul dan Responsif). Serupa dengan kegiatan MPLS pada umumnya, TKMT bertujuan agar peserta didik mampu beradaptasi di lingkungan baru, berperan aktif mengikuti kegiatan, berkomunikasi dengan nyaman, bekerjasama dengan teman-teman barunya, serta mendapatkan kesan positif dari kegiatan ta'aruf. Namun, yang berbeda dari Kegiatan TKMT di SMPIGM, adalah pelaksanaannya yang dikelola oleh anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan bimbingan guru, dan meng-kolaborasikan semangat juga kreatifitas siswa baru dengan siswa kelas VIII dan IX. Dengan dirancangnya kegiatan MPLS bermodelkan TKMT seperti ini, SMPIGM berharap siswa baru bersama kakak-kakak kelas mereka dapat mengobarkan semangat, mengasah kemampuan beradaptasi, problem solving, tanggung jawab, dan disiplin. Serta menyiapkan potensi diri melalui kerjasama dan kepemimpinan.

Memulai Petualangan Belajar dengan Senyum Ceria, Langkah Penuh Makna Bersama SABK

Lalu, di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Gemilang Rahayu Arbiah (SABK GRA), MPLS dirancang sedemikian rupa agar menjadi momen kegiatan penuh ceria. Dengan tema Senyum Ceria Langkah Penuh Makna, SABK berharap dapat memberikan kenyamanan bagi anak selama berada di sekolah dengan memfasilitasi pembelajaran individual bagi setiap anak, mengoptimalkan kemampuan anak, dan menstimulasi sensori dan motorik mereka melalui Pembelajaran Berbasis Aktivitas (PBA). Dengan beragam aktivitas penuh ceria dan menyenangkan yang dirancang oleh guru-guru hebat di SABK, kami berharap peserta didik dapat merasa nyaman berada di lingkungan sekolah dan perlahan-lahan terbiasa dengan PBA yang diselenggarakan.


Sebagai Sekolah Interaktif yang mengususng Model Pembelaran Mutafannin di mana dalam penyelenggaraannya proses pendidikan yang kami laksanakan senantiasa melibatkan orangtua dan masyarakat untuk bersinergi dengan sekolah, kami memohon doa dan dukungan dari Sahabat Gemilang untuk kelancaran kegiatan yang akan kami selenggarakan. Semoga setiap prosesnya menumbuhkan benih-benih makna yang dapat tertanam dan membekas sebagai kenangan belajar yang menyenangkan dalam diri setiap anak. Pun, semoga tujuan baik kami dapat terwujud dan terlihat melalui tawa ceria dan aura bahagia yang anak-anak bawa ke lingkungan keluarga hingga masyarakat sekitar mereka. Bismillaah… perjalanan kami ini membutuhkan tangan-tangan hangat dan doa-doa kuat dari Ayah Bunda dan Sahabat Gemilang. Insyaa Allah… semoga berkah dan rahmatnya senantiasa mengiringi langkah-langkah kita.

 

Jumat, 11 Juli 2025

 

Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin