“Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.”
Begitulah bunyi Pasal 31 ayat 1 Undang-undang Dasar (UUD) 1945.
Sekolah
Inklusi merupakan tempat di mana bunyi ayat dalam UUD 1945 diwujudkan secara
nyata. Sebagai agen perubahan, sekolah sudah semestinya menjadi tempat yang
aman dan nyaman bagi setiap anak mengemban pembelajaran, tanpa ada unsur
membeda-bedakan.
Lantas, mengapa konsep sekolah inklusi menjadi sangat penting? Dan, apa alasan orang tua memilih sekolah inklusi? Berikut penjelasannya.
Sekolah Inklusi: Sekolah yang Menyenangkan Bagi Semua Anak
Sekolah semestinya adalah tempat yang menyenangkan bagi anak untuk berkembang. Atmosfer menyenangkan bisa anak rasakan saat sekolah menciptakan lingkungan yang ramah, dengan memberi kesempatan bertumbuh dan berkembang kepada potensi semua anak secara adil.
Lalu, Mengapa harus Sekolah Inklusi?
Bagi sekolah inklusi, pendidikan tidak dipandang
sebatas pada penguasaan materi kurikulum, namun perkembangan diri secara utuh
sesuai dengan potensi masing-masing anak, termasuk kemampuan berinteraksi dan
bersosialisasi. Dengan prinsip tersebut, sekolah
bisa menjadi tempat belajar yang aman dan menyenangkan, tidak hanya bagi anak
regular, tetapi juga bagi anak-anak berkebutuhan khusus.
Di tengah miringnya kualitas pendidikan
di Indonesia yang masih menjadi isu utama dalam pembangunan sumber daya manusia
nasional, Sekolah inklusi menjadi oase yang menawarkan solusi. Di mana pendidikan
tidak hanya sekadar meningkatkan fungsi kognitif manusia, namun juga membentuk
karakter dan pola pikirnya.
Lebih daripada itu, berikut ini 3 Alasan Orang Tua Memilih
Sekolah Inklusi yang bisa menjadi bahan pertimbangan Ayah Bunda dalam
memilih Sekolah yang tepat:
- Pendidikan dengan berorientasi kepada siswa (student oriented)
Meningkatkan Mutu Pendidikan Secara Nyata.
Dalam pendidikan inklusi, sekolah memandang semua anak adalah
pribadi yang unik, sehingga senantiasa menyediakan ruang, waktu, media, sarana,
dan cara penilaian yang bisa mengakomodasi semua anak. Di Sekolah Gemilang yang
mengusung Konsep Sekolah Interaktif dan Inklusif misalnya; penanganan setiap
anak disesuaikan dengan hasil psikotes yang diterima dari seorang ahli,
dianalisis, kemudian disusun strategi yang tepat untuk diterapkan dalam
aktivitas pembelajaran. Seorang anak yang terindikasi sebagai slow learner tidak
akan sama cara penilaiannya dan proses belajarnya dengan anak yang dikatakan
superior. Alih-alih membeda-bedakan, system belajar dan modifikasi kurikulum
yang seperti ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi setiap anak sebagai
individu yang unik.
- Praktik Nyata Pembelajaran Hak Asasi Manusia
“Ketika Sekolah membuka diri dengan tidak memilih-milih murid
berdasarkan kategori tertentu, maka anak dengan beragam kondisi bisa masuk.
Dari sinilah anak belajar bahwa semua orang berhak mendapat Pendidikan.”
(Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan:
Metode Kreatif Mengajar dan Pengembangan Karakter Siswa. Nuansa Cendekia.)
Dalam keseharian di Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin,
anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman
yang sama dengan anak-anak regular lainnya. Mereka belajar dalam ruangan yang
sama, dari guru yang sama, dan materi yang sama. Anak tidak akan sadar bahwa
gurunya mengobservasi perkembangan mereka dengan cara yang berbeda, sesuai
dengan masing-masing kemampuan dan potensinya. Yang mereka sadari Adalah bahwa
semua anak dengan kondisi apa pun bisa mendapatkan hak belajar yang sama, tanpa
dibeda-bedakan.
Praktik belajar seperti ini memantik perkembangan karakter dalam
diri anak dengan cara yang lebih kuat. Anak tidak belajar lewat teori di buku
semata, namun merasakan langsung nilai karakter yang ditanamkan padanya secara
nyata.
- Peningkatan Keterampilan Sosial, Langkah untuk Mempersiapkan Anak
Melangkah di Dunia Nyata
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di sekolah inklusi setiap anak
berkesempatan untuk bertemu dengan beragam karakter dan kondisi teman-temannya.
Dalam lingkungan masyarakat,
hal ini merupakan sesuatu yang sudah pasti akan mereka hadapi. Bertemu dengan
beragam karakter dan kondisi individu, serta berinteraksi dan bersosialisasi
dengan mereka merupakan bagian dari kehidupan bermasyarakat.
Sekolah Inklusi memberikan anak
kesempatan untuk mulai membiasakan diri berinteraksi dengan beragam individu
dalam kehidupannya. Bagaimana mereka bersosialisasi dan berinteraksi dengan
baik dengan individu lain yang berbeda dengan mereka, menjadi salah satu
pembiasaan sehari-hari di sekolah. Pembiasaan di mana siswa dengan berbagai
latar belakang dan kemampuan belajar bereksplorasi bersama dalam lingkungan
yang inklusif, membantu mereka memahami
dan menghargai perbedaan, meningkatkan empati, dan mengembangkan keterampilan
komunikasi yang lebih baik.
Bagi anak-anak berkebutuhan khusus,
lingkungan inklusi menjadi tempat di mana mereka bisa belajar menjadi lebih
mandiri, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri untuk hidup bermasyarakat
sebagaimana individu pada umumnya, dengan hak dan kesempatan yang setara.
Sekolah Inklusi: Langkah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di
Indonesia
Dengan 3 Alasan Orang Tua Memilih
Sekolah Inklusi di atas, keluarga sebagai sekolah pertama bagi anak dapat
mempertimbangkan dengan matang saat memilih lingkungan belajar yang tepat. Demi
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, orang tua sebagai pengambil keputusan
terhadap proses pendidikan anak mesti mulai mempertimbangkan
bahwa kualitas pendidikan tidak tercermin semata-mata melalui angka, namun juga
karakter dan pola pikirnya sebagai manusia yang dianugerahi akal.
Pendidikan untuk anak seharusnya dirancang agar bisa memengaruhi
pola pikir, pola tindakan, cara pemecahan masalah, dan performa mereka dalam
beradaptasi, serta menguasai keterampilan hidup yang berguna baginya.
Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin sebagai Sekolah yang
mengusung konsep Sekolah Interaktif dan inklusif dengan kurikulum khas Cageur,
Bageur, Bener, Pinter, dan Singer telah berkomitmen untuk meningkatkan mutu
Pendidikan anak di Indonesia dengan program pembelajaran berbasis aktivitas
yang bertujuan mengoptimalkan potensi anak sesuai fitrahnya.
Mari kenali Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin lebih dekat dan
jadilah bagian dari agen perubahan bagi kualitas pendidikan di Indonesia!
Editor: Hafizh Muhammad Noor Esa, S.Si. CPHRM