“Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.”

Begitulah bunyi Pasal 31 ayat 1 Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Sekolah Inklusi merupakan tempat di mana bunyi ayat dalam UUD 1945 diwujudkan secara nyata. Sebagai agen perubahan, sekolah sudah semestinya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi setiap anak mengemban pembelajaran, tanpa ada unsur membeda-bedakan.

            Lantas, mengapa konsep sekolah inklusi menjadi sangat penting? Dan, apa alasan orang tua memilih sekolah inklusi? Berikut penjelasannya.

Sekolah Inklusi: Sekolah yang Menyenangkan Bagi Semua Anak

Sekolah semestinya adalah tempat yang menyenangkan bagi anak untuk berkembang. Atmosfer menyenangkan bisa anak rasakan saat sekolah menciptakan lingkungan yang ramah, dengan memberi kesempatan bertumbuh dan berkembang kepada potensi semua anak secara adil.


Lalu, Mengapa harus Sekolah Inklusi?

Bagi sekolah inklusi, pendidikan tidak dipandang sebatas pada penguasaan materi kurikulum, namun perkembangan diri secara utuh sesuai dengan potensi masing-masing anak, termasuk kemampuan berinteraksi dan bersosialisasi. Dengan prinsip tersebut, sekolah bisa menjadi tempat belajar yang aman dan menyenangkan, tidak hanya bagi anak regular, tetapi juga bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Di tengah miringnya kualitas pendidikan di Indonesia yang masih menjadi isu utama dalam pembangunan sumber daya manusia nasional, Sekolah inklusi menjadi oase yang menawarkan solusi. Di mana pendidikan tidak hanya sekadar meningkatkan fungsi kognitif manusia, namun juga membentuk karakter dan pola pikirnya.

Lebih daripada itu, berikut ini 3 Alasan Orang Tua Memilih Sekolah Inklusi yang bisa menjadi bahan pertimbangan Ayah Bunda dalam memilih Sekolah yang tepat:

  • Pendidikan dengan berorientasi kepada siswa (student oriented) Meningkatkan Mutu Pendidikan Secara Nyata.

Dalam pendidikan inklusi, sekolah memandang semua anak adalah pribadi yang unik, sehingga senantiasa menyediakan ruang, waktu, media, sarana, dan cara penilaian yang bisa mengakomodasi semua anak. Di Sekolah Gemilang yang mengusung Konsep Sekolah Interaktif dan Inklusif misalnya; penanganan setiap anak disesuaikan dengan hasil psikotes yang diterima dari seorang ahli, dianalisis, kemudian disusun strategi yang tepat untuk diterapkan dalam aktivitas pembelajaran. Seorang anak yang terindikasi sebagai slow learner tidak akan sama cara penilaiannya dan proses belajarnya dengan anak yang dikatakan superior. Alih-alih membeda-bedakan, system belajar dan modifikasi kurikulum yang seperti ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi setiap anak sebagai individu yang unik.


  • Praktik Nyata Pembelajaran Hak Asasi Manusia

“Ketika Sekolah membuka diri dengan tidak memilih-milih murid berdasarkan kategori tertentu, maka anak dengan beragam kondisi bisa masuk. Dari sinilah anak belajar bahwa semua orang berhak mendapat Pendidikan.” (Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: Metode Kreatif Mengajar dan Pengembangan Karakter Siswa. Nuansa Cendekia.)

Dalam keseharian di Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin, anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman yang sama dengan anak-anak regular lainnya. Mereka belajar dalam ruangan yang sama, dari guru yang sama, dan materi yang sama. Anak tidak akan sadar bahwa gurunya mengobservasi perkembangan mereka dengan cara yang berbeda, sesuai dengan masing-masing kemampuan dan potensinya. Yang mereka sadari Adalah bahwa semua anak dengan kondisi apa pun bisa mendapatkan hak belajar yang sama, tanpa dibeda-bedakan.

Praktik belajar seperti ini memantik perkembangan karakter dalam diri anak dengan cara yang lebih kuat. Anak tidak belajar lewat teori di buku semata, namun merasakan langsung nilai karakter yang ditanamkan padanya secara nyata.


  • Peningkatan Keterampilan Sosial, Langkah untuk Mempersiapkan Anak Melangkah di Dunia Nyata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di sekolah inklusi setiap anak berkesempatan untuk bertemu dengan beragam karakter dan kondisi teman-temannya.

            Dalam lingkungan masyarakat, hal ini merupakan sesuatu yang sudah pasti akan mereka hadapi. Bertemu dengan beragam karakter dan kondisi individu, serta berinteraksi dan bersosialisasi dengan mereka merupakan bagian dari kehidupan bermasyarakat.

            Sekolah Inklusi memberikan anak kesempatan untuk mulai membiasakan diri berinteraksi dengan beragam individu dalam kehidupannya. Bagaimana mereka bersosialisasi dan berinteraksi dengan baik dengan individu lain yang berbeda dengan mereka, menjadi salah satu pembiasaan sehari-hari di sekolah. Pembiasaan di mana siswa dengan berbagai latar belakang dan kemampuan belajar bereksplorasi bersama dalam lingkungan yang inklusif,  membantu mereka memahami dan menghargai perbedaan, meningkatkan empati, dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik.

            Bagi anak-anak berkebutuhan khusus, lingkungan inklusi menjadi tempat di mana mereka bisa belajar menjadi lebih mandiri, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri untuk hidup bermasyarakat sebagaimana individu pada umumnya, dengan hak dan kesempatan yang setara.


Sekolah Inklusi: Langkah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

            Dengan 3 Alasan Orang Tua Memilih Sekolah Inklusi di atas, keluarga sebagai sekolah pertama bagi anak dapat mempertimbangkan dengan matang saat memilih lingkungan belajar yang tepat. Demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, orang tua sebagai pengambil keputusan terhadap proses pendidikan anak mesti mulai mempertimbangkan bahwa kualitas pendidikan tidak tercermin semata-mata melalui angka, namun juga karakter dan pola pikirnya sebagai manusia yang dianugerahi akal.

Pendidikan untuk anak seharusnya dirancang agar bisa memengaruhi pola pikir, pola tindakan, cara pemecahan masalah, dan performa mereka dalam beradaptasi, serta menguasai keterampilan hidup yang berguna baginya.

Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin sebagai Sekolah yang mengusung konsep Sekolah Interaktif dan inklusif dengan kurikulum khas Cageur, Bageur, Bener, Pinter, dan Singer telah berkomitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan anak di Indonesia dengan program pembelajaran berbasis aktivitas yang bertujuan mengoptimalkan potensi anak sesuai fitrahnya.

Mari kenali Sekolah Interaktif Gemilang Mutafannin lebih dekat dan jadilah bagian dari agen perubahan bagi kualitas pendidikan di Indonesia!

Editor: Hafizh Muhammad Noor Esa, S.Si. CPHRM